jump to navigation

Beberapa hal menarik selama hidup di Belanda 8 February 2014

Posted by tulisanasrofi in Uncategorized.
trackback

Ketika mulai kuliah diEropa, dan di Groningen, Belanda tepatnya, ada beberapa hal menarik yang bisa saya amati. Tanpa sadar, saya akan membandingkan hal ini dengan negeri tercinta atau sekedar membayangkan bagaimana kalau hal ini ada atau terjadi di Indonesia. Bisa jadi efeknya adalah senyum simpul, senyum pahit atau malah menertawakan (semoga terhindar dari mentertawakan orang, apalagi negeri sendiri…astaghfirullah..).

Berikut beberapa hal menarikitu:

Harga-harga serba mahal. Mulai dari kos, roti s ampai indomie jauh lebihmahal di banding di Indo.

  1. Di Belanda tidak ada paket data mobile unlimited. Selain hasil melihat brosur, ini dibenarkan oleh customer service salah satu provider disini.
  2. Di belanda bisa nonton youtube pakai mobile. Di Indo juga bisa kalee…ketahuan kalo selalu beli paket paling murah ya..
  3. Disini walaupun penduduknya dikit, tapi klingkungan kelihatan padat, mungkin karena setiap keluarga punya rumah sendiri..lha kalo di kita kan, satu rumah bisa beberapa keluarga..
  4. Harga mobil seken murah (banget..). Ada temen yang beli mobil BMW, dengan harga cuman sekitar 500 euro, sekitar 7 jutaan lah…mobil VW sekitar 2700 euro.. langsung deh pada mengecam pemerintah yang nerapin pajak setinggi burung walet terbang
  5. Tiket bis muahal. Sekali naik, bayar 2 euro atau sekitar 30 rebu lah. Itu bisa pindah-pindah bisa selama satu jam. Coba kalo diterapin di Indo, tukang ojek langsung laris manis..
  6. Semua transportasi tepat waktu..btw, kalo kereta Gumarang biasanya telat berapa jam ya?
  7. Sopir bus tidak kejar setoran. Soalnya pernah naik bis yang isinya cuman aku doing dantetap jalan tepat waktu..transjakarta udah mirip sih, cuman kalo disni melayani sampai desa-desa juga.
  8. Hampir semua tiket bisa dibeli secara online.
  9. Di Arnheim, ada bus kota yang pakai listrik,jadi ada kabel diatasnya, dan sepanjang jalur itu banyak kabel bersliweran diatas jalan.
  10. Di Luxembourg,bus kota memakai tenaga listrik, pakai baterai, beda dengan di arnheim. Tahunya pas naik, bisnya bisa jalan walau mesin gak nyala.
  11. Masih di Luxembourg, gak ada pemeriksaan tiket bus kota.
  12. Bensin juga muahal. Sekitar 1,7 euro. Itung sendiri lah berapa rupiah jadinya..
  13. Lebih tenang kalo beli online selama disini….
  14. Disini gak ada tukang nasi goreng keliling bawa gerobak…apalagi tukang bakso..
  15. Walaupun nganggur, tapi warga disini disubsidi pemerintah..sekitar 800e/bulan..ngiler ya? Kalo berkeluarga,nambah lagi tuh tunjangan..
  16. Sistemnya integrated. Contoh, setelah ngurus administrasi pindah kos ke gemeente, kayakkantor administrasi kota (gak tega mau nulis kantor kelurahan..), langsung data di university terupdate sendiri..
  17. Hampir semua orang punya sepeda. We grow up with bike, temenku bilangnya gitu..
  18. Relatif aman. Soalnya sering pulang malam jam 1 atau jam 3..alhamdulillah aman, padahal lewat daerah sepi, danau dan hutan..kalo yang udah pernah ke groningen bisa nebak nih tinggalnya dimana..
  19. Waktu azan maghrib bisa bervariasi, mulai dari jam setengah 5 sore sampai jam setengah 11 malam…tergantung musim. Begitu juga dengan azan subuh. Jadi kalo pas musim panas, kita kuat tuh bergadang semalam,soalnya jarak antara isyak dan subuh cuman sekitar 3 jam doang, kebetulan pas puasa sih jadi sekalian sahur…kebayang gak ?
  20. Stasiun di Belanda lebih teratur daripada stasiun di Jerman, Belgia dan Paris…sementara ini Belanda masih kuanggap memiliki skor tertinggi..
  21. Disini banyak yang menjual bahan-bahan makanan khas indo, jadi gak usah khawatir kalo kangen makan nasi..
  22. silahkan ditambah sendiri….

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: